Minggu, 29 Mei 2022

Tugas 1.1.a.8. Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1


REFLEKSI DAN KESIMPULAN


Apa yang Anda percaya tentang murid dan pembelajaran di kelas sebelum Anda  mempelajari modul 1.1 ?

Materi pembelajaran yang diberikan hanya berupa penyampaian ilmu berdasarkan panduan kurikulum saja. Peranan saya sebagai guru lebih sering aktif dibandingkan murid sering dinamakan guru sebagai pusat pembelajaran. Saya menuntut murid harus memahami dan menguasai semua materi yang sudah saya sampaikan di kelas maupun di luar kelas.
  • Sebelum mempelajari modul filosofis Ki Hajar Dewantara pada program Calon Guru Penggerak angkatan 5 saya berpikir bahwa saya sudah berhasil melakukan  pembelajaran sesuai tuntutan Kurikulum sebab masalah ini dapat di lihat lebih dari 90 persen siswa saya selalu mengerjakan tugas tepat waktu. Murid saya tidak pernah mengeluh dengan tugas yang saya berikan baik secara luring maupun daring.
  • Sebelum mempelajari modul 1.1 saya sering mengeluh kepada siswa yang mendapatkan nilai rendah, saya sering marahi mereka dan berkata pemalas padahal soal yang di berikan sangat mudah tetapi tidak bisa di selesaikan.
  • Dahulu saya meminta siswa untuk menghapal rumus matematika sehingga ketika dilakukan ujian mereka tidak lupa cara mengerjakannya. Seharusnya siswa yang menemukan rumus bukan hapalan rumus yang saya berikan.
  • Sebelum mempelajari modul 1.1 saya juga lebih mementingkan asfek kognitif di bandingkan dengan nilai sikap dan keterampilan dan saya juga berpikir murid harus mencapai nilai KKM.


Apa yang berubah dari pemikiran atau perilaku Anda setelah mempelajari modul ini? 

  • Setelah mempelajari modul ini saya mengerti kesalahan saya selama ini,  saya menilai siswa sebagai objek tetapi saya salah besar seharusnya mereka sebagai subjek dalam proses pembelajaran. Siswa seharusnya lebih berperan penting dalam pembelajaran dan guru hanya sebagai fasilitator dengan segala ketulusan hati memperhatikan siswa dan menyayangi serta menerapkan pembelajaran yang berpusat pada siswa sehingga tercipta merdeka belajar pada siswa.
  • Berusaha memberikan kebahagiaan dan keselamatan  kepada siswa baik secara lahir maupun batin sesuai dengan tujuan filosofis Ki Hajar Dewantara. menerapkan sistem among dikelas yang artinya menggunakan metode asah, asih dan asuh. Setiap anak memiliki keunikan dan keistimewaan masing-masing dalam hal ini saya sebagai guru harus bisa memahami bakat dan minat yang mereka miliki.
  • Saya akan melakukan pembelajaran yang mencakup aspek kognitif, afektif, psikomotor, spiritual dan sosial budaya 

Apa yang dapat segera Anda terapkan lebih baik agar kelas Anda mencerminkan pemikiran KHD?

  • Melakukan kesepakatan kelas bersama siswa agar mereka bertanggung jawab dan melaksanakan tata tertib kelas yang sudah ditentukan
  • Menerapkan pembelajaran yang berpusat pada murid yang mana siswa bebas menentukan belajarnya sendiri dengan panduan berdasarkan kurikulum.
  • Saya akan menerapkan sistem pembelajaran abad 21 yang sesuai dengan pemikiran Ki Hajar Dewantara  yaitu dengan merdeka belajar anak dapat berpikir kritis, dengan berkolaborasi atau berdiskusi anak dapat menghargai pendapat orang lain dan akhirnya anak dapat menciptakan hasil dan kreatifitas tertentu tanpa dipaksa belajar.
 

1 komentar:

  1. 11점의 에이스 카드를 가진 핸드는 버스트 위험 없이 카드를 한 장 더 받을 수 있기 때문에 소프트 핸드라고 부릅니다. 예를 들어 11점 에이스와 7점 카드를 받아 처음에 18점이었던 핸드가 다시 8점 카드를 받으면, 이 플레이어는 26점으로 우리카지노 추천 버스트되지 않습니다. 대신 에이스는 1점으로 간주되어 이 핸드의 새로운 총점은 16점이 됩니다.

    BalasHapus