RENCANA
PELAKSANAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan
Pendidikan : SD NEGERI 098168 BAH LIAS
Kelas /
Semester : VI (Enam) / 2
Tema 9 : Menjelajahi Angkasa Luar
Sub Tema 1 : Keteraturan Yang Menakjubkan
Pembelajaran : 1
TUJUAN
PEMBELAJARAN
- Setelah
membaca teks, siswa dapat mengenal sistem tata surya dengan keingintahuan
yang besar.
- Siswa
dapat menjelaskan sistem tata surya melalui kegiatan bermain peran dengan
percaya diri.
- Dengan
bermain peran siswa dapat membuat sebuah laporan pengamatan tentang cara
kerja planet dalam sistem tata surya dengan lebih percaya diri.
- Setelah
melakukan pengamatan, siswa mampu menjawab pertanyaan yang berhubungan
dengan cara kerja anggota sistem tata surya dengan keingintahuan yang
besar.
- Dengan membaca sebuah karangan fiksi, siswa dapat menjelaskan tokoh utama dalam karangan fiksi secara lisan, tuisan dan menggambarkannya di dalam sebuah gambar sederhana dengan percaya diri.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Ø Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan
kabar dan kehadiran siswa
Ø Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang
siswa. (religius).
Ø Menyanyikan lagu nasional Guru memberikan penguatan
semangat Nasionalisme.
Ø Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara
selama 15-20 menit (literasi)
Kegiatan Inti
§
Siswa memerhatikan dengan saksama gambar-gambar yang
tersedia di dalam buku tentang tata surya dan angkasa luar. Communication
§
Guru memberikan pertanyaan arahan untuk meningkatkan
rasa ingin tahu siswa melalui gambar-gambar yang tersedia dan meminta siswa
untuk menuliskan pertanyaan sesuai rasa ingin tahu mereka lalu mendiskusikannya
dengan teman sebangkunya.
§
Siswa mengamati gambar benda-benda langit dan
mendiskusikan informasi tentang benda langit tersebut dan hal-hal yang ingin
mereka ketahui lebih dalam tentang benda langit tersebut di dalam kelompok. Collaboration
§
Guru berkeliling memastikan proses diskusi berjalan
dengan baik.
§
Siswa menyimak percakapan tokoh-tokoh dalam Buku Siswa
dengan saksama.
§
Siswa membaca bacaan tentang galaksi dan sistem tata
surya. Siswa didorong untuk mencatat atau menggarisbawahi informasi-informasi
menarik dari bacaan. Siswa dapat juga mencatatnya dengan menggunakan peta
pikiran, tabel, gambar, atau bentuk lain yang mereka sukai. Critical Thinking and Problem
Solving
§
Siswa dapat menjelaskan kembali hasil catatannya
kepada teman sebangkunya.
§
Guru memfasilitasi diskusi jika ada pertanyaan siswa
dari bacaan yang telah mereka baca. Collaboration
Bermain Peran
§
Guru meminta siswa membuat kelompok yang terdiri atas
9 orang dan meminta setiap kelompok untuk bermain peran serta mengikuti
petunjuk yang ada pada buku siswa. Gotong
Royong
§
Siswa dalam kelompok melengkapi urutan planet dalam
tata surya, lalu setiap orang akan berbagi peran untuk memperagakan cara kerja
sistem tata surya. Siswa diberikan kesempatan untuk mengembangkan cara dalam
memeragakannya sekreatif mungkin.
§
Secara bergantian setiap kelompok akan memperagakan
sistem tata surya di depan kelas.
Kegiatan ini akan dinilai dengan Rubrik Bermain Peran
cara kerja sistem tata surya.
§
Guru meminta siswa untuk membuat laporan hasil
pengamatan terhadap cara kerja sistem tata surya yang mereka peragakan dan
mereka saksikan dengan menggunakan format yang telah disediakan. Critical Thinking and Problem
Solving
Kegiatan ini dinilai dengan menggunaakan Rubrik
Membuat Laporan Pengamatan Cara Kerja Sistem Tata Surya melalui Bermain Peran
§
Siswa mengamati kembali gambar tata surya yang ada
pada buku siswa dan mengurutkanya berdasarkan ukurannya dengan menggunakan
table yang tersedia. Siswa mendiskusikannya dengan teman sebangkunya. Collaboration
§
Secara individu siswa menjawab pertanyaan yang
terdapat pada buku siswa.
§
jawablah pertanyaan berikut ini!
1.
Planet apakah yang paling dekat dengan Matahari?
Merkurius (Nilai 1)
2.
Planet apakah yang berada paling jauh dari Matahari?
Neptunus (Nilai 1)
3.
Planet apakah yang memiliki ukuran paling kecil dalam
sistem tata surya?Merkurius (Nilai 1)
4.
Planet apakah yang memiliki ukuran paling besar dalam
sistem tata surya?Jupiter (Nilai 1)
5.
Planet manakah yang mengalami revolusi terhadap
Matahari yang palingcepat? Merkurius(Nilai 1) Mengapa? Karena Merkurius
terletak paling dekat dengan Matahari sehingga waktu yang diperlukannya untuk
mengelilingi Matahari menjadi paling cepat. (Nilai 1)
6.
Planet manakah yang mengalami revolusi terhadap
Matahari yang paling lama? Neptunus (Nilai 1) Mengapa? Karena Neptunus terletak
paling kaih dari Matahari sehingga jarak yang ditempuh untuk satu kali
mengelilingi Matahari menjadi sangat lama. (Nilai 1)
§
Kegiatan ini dinilai dengan menggunakan skoring.
§
Guru memberikan penguatan dengan mendiskusikan
pertanyaan di atas bersama dengan para siswa setelah mereka menyelesaikannya. Communication
§
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk membuat
pertanyaan yang berhubungan dengan kegiatan paling sedikit tiga pertanyaan.
Lalu siswa dibagi dalam sebuah kelompok yang terdiri atas 3 – 4 orang dan mulai
mendiskusikan pertanyaan dan alternatif jawaban dari kelompok tersebut. Salah
satu siswa diminta untuk mencatat pertanyaan yang belum dijawab dan dikumpulkan
untuk menjadi pertanyaan bersama. Critical
Thinking and Problem Solving
§
Siswa menempelkan hasil diskusinya dan mengamati hasil
diskusi kelompok lain.
§
Secara individu, siswa mencatat dan menuliskan hal-hal
menarik dan baru yang didapatkan dari kegiatan pada hari itu bersama dengan
kosakata dan pertanyaan baru dengan menggunakan format yang tersedia di buku
siswa. Creativity and
Innovation
§
Siswa diminta untuk memerhatikan dan membaca
percakapan antara Siti dan Lani pada buku siswa dengan saksama. Communication
§
Guru memberikan pertanyaan untuk menjembatani
pembahasan tentang materi pembelajaran:
§
Guru meminta siswa untuk membaca tanpa bersuara bacaan
yang merupakan cerita fiksi.
(Guru juga dapat memberikan cerita fiksi yang lain
untuk dibahas bersama siswa selain yang ada di buku siswa. Misalnya cerita
ditampilkan lewat preyektor dan dibahas bersama untuk memperkuat pemahaman
siswa tentang bagian-bagian cerita fiksi)
§
Guru mengajak siswa untuk membaca bersama dengan
melakukan pembagian: bagian narasi dibacakan oleh Guru, tokoh Tiara dibacakan
siswa perempuan, tokoh Ayah dibacakan siswa laki-laki. Guru dapat mengulang
kegiatan ini dengan memberikan kesempatan siswa memilih bagian yang akan dibaca
secara bersama-sama. Tujuan kegiatan ini untuk memberikan kesempatan siswa
mengenal bagian-bagian cerita, cara pandang tokoh dan tokoh itu sendiri. Critical Thinking and Problem
Solving
§
Guru memimpin diskusi dengan mendorong siswa untuk
menemukan tokoh dalam cerita tersebut. Siswa didorong untuk menemukan perbedaan
antara tokoh utama dan tokoh tambahan dalam bacaan tersebut. Siswa membuat
kesimpulan dan menjelaskannya di dalam diskusi kelas secara bergantian.
§
Siswa melengkapi diagram yang tersedia di Buku Siswa
berdasarkan karangan fiksi yang tersedia untuk menganalisis bacaan. Creativity and Innovation
§
Secara berpasangan, siswa menjawab pertanyaan dari
Buku Siswa tentang isi bacaan dan bagian-bagiannya. Siswa menuliskannya di
dalam buku catatan mereka, lalu mendiskusikannya dengan teman sebangku kembali.
§
Siswa menggambarkan tokoh utama berdasarkan cerita
fiksi yang mereka baca dan dkembangkan dengan menggunakan imajinasi mereka.
§
Demikian juga siswa mencoba menggambarkan tempat atau
latar cerdasarkan cerita fiksi dan imajinasi mereka. Mandiri
Kegiatan Bersama Orang Tua
Ø Pemahaman mengenai materi yang dipelajari kembali oleh
siswa di rumah bersama orang tua guru memantau pembelajaran melalui blog dicari guru,com
Kegiatan Penutup
Ø Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
Ø Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
Ø Menyanyikan salah satu lagu daerah nasionalisme
Ø Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui
Kepala SDN 098168 BAH LIAS
SARINUN PURBA, S.PdI
NIP.19640714 198604 2 001
|
BAH LIAS,
20
Guru Kelas
RUSLI, S.Pd
NIP. 19800525 201406 1 005
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan
Pendidikan : SD NEGERI 098168 BAH LIAS
Kelas /
Semester : VI (Enam) / 2
Tema 9 : Menjelajahi Angkasa Luar
Sub Tema 1 : Keteraturan Yang Menakjubkan
Pembelajaran : 2
TUJUAN
PEMBELAJARAN
- Dengan
mencari informasi penting tentang planet dalam tata surya, siswa dapat
meningkatkan keingintahuannya.
- Dengan
mengumpulkan informasi tentang tata surya, siswa dapat mempresentasikannya
di depan kelas dengan percaya diri.
- Dengan
membaca bacaan tentang model tata surya, siswa dapat membuat model tata
surya sederhana dengan teliti dan mempresentasikannya dengan percaya diri.
- Dengan
membaca cerita fiksi, siswa dapat menceritakan kembali jalan cerita dan
tokoh—tokoh dalam teks fiksi secara lisan, tulisan, dan visual dengan
percaya diri.
- Dengan memerhatikan interval
nada, siswa dapat menyanyikan lagu sederhana dengan saksama.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Ø Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan
kabar dan kehadiran siswa
Ø Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang
siswa. (religius).
Ø Menyanyikan lagu nasional Guru memberikan penguatan
semangat Nasionalisme.
Ø Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara
selama 15-20 menit (literasi)
Kegiatan Inti
§ Guru meminta siswa untuk membaca informasi tentang
setiap planet secara bergantian. Communication
§ Guru juga meminta siswa untuk menggarisbawahi nama
planet dan informasi yang menarik dari planet-planet tersebut.
§ Guru memberikan referensi buku atau majalah atau
website yang dapat menambah pengetahuan siswa tentang planet-planet atau tata
surya.
§ Guru membagi siswa menjadi 8 kelompok kerja. Collaboration
§ Setiap kelompok akan:
a)
Menggambar planet atau Matahari.
b)
Memberi informasi tentang ukuran, jarak dari Matahari atau urutan planet dari
Matahari, diameter, kecepatan rotasi dan revolusi.
c)
Serta semua informasi menarik yang menjadi keunikan planet tersebut.
d)
Membuat pertanyaan untuk kelompok yang lain.
§ Setelah selesai, siswa diberi kesempatan untuk latihan
mempresentasikan informasinya. Collaboration
§ Siswa mempresentasikan informasi mengenai planet
secara berkelompok dengan percaya diri.
§ Siswa dari kelompok lain diberi kesempatan untuk
mengajukan pertanyaan dan kelompok yang memberi presentasi akan menjawabnya.
§ Guru akan membantu siswa untuk menjawab pertanyaan
atau meluruskan kesalahpahaman jika diperlukan.
(kegiatan
ini akan dinilai dengan menggunakan rubrik presentasi planet)
§ Guru membahas kembali pertanyaan-pertanyaan yang sudah
diajukan siswa-siswanya. Integritas
§ Siswa diberi kesempatan untuk menuliskan lagi
pertanyaan yang lebih banyak tentang tata surya kita di tempat yang disediakan
§ Guru memperlihatkan gambar model-model tata surya Communication
§ Guru memberikan siswa kesempatan untuk melihat
perbedaan dari model-model tersebut dan memberikan tanggapan.
§ Siswa membaca bacaan tentang model tata surya secara
mandiri.
§ Setelah selesai, siswa dapat mengajukan pertanyaan
tentang bacaan yang dapat digunakan
Guru
untuk memberikan klarifikasi, terutama untuk melakukan kegiatan berikutnya.
§ Guru membahas lagi tentang model tata surya 2 dan 3
dimensi.
§ Guru menjelaskan bahwa siswa akan membuat model tata
surya 2 dimensi secara berkelompok.
§ Siswa dapat memilih bahan yang akan digunakan untuk
membuat modelnya.
§ Guru memastikan bahwa siswa membuat model tata surya
bersama-sama. Integritas
§ Setelah siswa selesai membuat modelnya, siswa
mempresentasikan model tata suryanya di depan kelas secara singkat.
§ Siswa akan memberikan tanggapan dan asesmen. Critical Thinking and Problem
Solving
(kegiatan
ini akan dinilai oleh teman)
§ Siswa menyimak percakapan antara Dayu dan Lani. Guru
memberikan kesempatan siswa untuk bertanya jika ada yang perlu diklarifikasi
daria percakapan tersebut.
§ Guru dan siswa mengulas cerita dengan menentukan tokoh
utama dan tokoh tambahan.
§ Siswa menggambar tokoh utama dan tokoh tambahan. Lalu
membuat ringkasan cerita. Critical
Thinking and Problem Solving
§ Guru mendampingi siswa saat membuat ringkasan jika ada
yang membutuhkan bantuan.
(kegiatan
ini dinilai dengan menggunakan rubrik cerita)
§ Guru menyediakan majalah anak (seperti Bobo) atau
surat kabar yang berisi cerita- cerita pendek.
§ (Surat kabar Kompas Minggu memuat kolom Nusantara
Bertutur yang memuat cerita-cerita pendek anak Indonesia, yang bisa dijadikan
referensi.
§ Beberapa cerita fiksi di buku siswa juga diambil dari
sana sumber tersebut).
§ Siswa memilih cerita pendek yang menurutnya menarik. Communication
§ Siswa menggambarkan tokoh utama dan tokoh tambahan
serta ringkasan ceritanya.
§ Siswa mempresentasikannya di depan kelas dengan
percaya diri.
§ Guru memberikan masukan dan memberikan arahan kepada
siswa untuk melakukan refleksi terhadap pemahaman siswa tentang cerita fiksi
dan bagian-bagiannya.
§ Guru meminta siswa untuk menyimak percakapan antara
Lani dan Siti dalam buku siswa dan menggunakannya untuk menjembatani kegiatan
berikutnya.
§ Guru mengulang kembali pelajaran tentang interval nada
yang telah dijelaskan di pembelajaran tema-tema sebelumnya.
§ Salah satu artikel dapat digunakan guru untuk memahami
interval nada http://yokimirantiyo.
blogspot.co.id/2014/09/pengertian-intervaldalam- tangga-nada.html Critical Thinking and Problem
Solving
§ Siswa dan guru menyimak lagu “Ambilkan Bulan BU”
bersama-sama dan memelajari interval nada yang terdapat dalam lagu itu.
Ø Siswa menyanyikan lagu “Ambilkan Bulan Bu” dengan
penuh penghayatan. (kegiatan ini dinilai dengan menggunakan rubrik bernyanyi)
Kegiatan Bersama Orang Tua
Ø Pemahaman mengenai materi yang dipelajari kembali oleh
siswa di rumah bersama orang tua guru memantau pembelajaran melalui blog dicari guru,com
Kegiatan Penutup
Ø Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
Ø Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
Ø Menyanyikan salah satu lagu daerah nasionalisme
Ø Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui
Kepala SDN 098168 BAH LIAS
SARINUN PURBA, S.PdI
NIP.19640714 198604 2 001
|
BAH LIAS,
20
Guru Kelas
RUSLI, S.Pd
NIP. 19800525 201406 1 005
|
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan
Pendidikan : SD NEGERI 098168 BAH LIAS
Kelas /
Semester : VI (Enam) / 2
Tema 9 : Menjelajahi Angkasa Luar
Sub Tema 1 : Keteraturan Yang Menakjubkan
Pembelajaran : 3
TUJUAN PEMBELAJARAN
- Dengan
mendiskusikan alat penemuan zaman dahulu dan sekarang, siswa dapat melihat
persamaan dan perbedaan cara hidup masyarakat dengan saksama.
- Melalui
bacaan, siswa dapat mendiskusikan ciri-ciri masyarakat modern dengan
saksama.
- Dengan
mewawancarai narasumber, siswa dapat mengetahui cara hidup mereka dan
membuat kesimpulan dengan akurat.
- Dengan
membaca cerita fiksi, siswa dapat menjawab pertanyaan yang berhubungan
dengan tokoh, menggambar tokoh utama, dan tokoh tambahan serta membuat
ringkasan cerita dengan baik.
- Melalui
bacaan tentang persatuan dan kesatuan, siswa dapat menjelaskan maknanya
dengan penuh percaya diri.
- Dengan menggunaan teks
fiksi, siswa dapat mengasosiasikan makna persatuan dan kesatuan dengan
saksama.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Ø Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan
kabar dan kehadiran siswa
Ø Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang
siswa. (religius).
Ø Menyanyikan lagu nasional Guru memberikan penguatan
semangat Nasionalisme.
Ø Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara
selama 15-20 menit (literasi)
Kegiatan Inti
§ Siswa membaca bacaan: “Modernisasi dalam Masyarakat
Indonesia” di dalam hati selama 10 menit Communication
§ Siswa dan guru membahas isi bacaan, Guru dapat
menggunakan peta pikiran di papan tulis dalam memimpin diskusi. (Dalam
kesempatan ini Guru memberikan contoh kepada siswa cara membuat peta pikiran).
§ Siswa bertanya jika ada istilah atau kalimat yang
masih belum dimengerti
§ Guru dan siswa yang lain dapat menjawabnya.
§ Guru meminta siswa membaca sekali lagi bacaan
Modernisasi dalam Masyarakat Indonesia.
§ Guru meminta siswa dengan kelompoknya membuat
ciri-ciri masyarakat modern dalam bentuk gambar (siswa dapat menggambar
kegiatan yang biasa mereka lakukan atau benda-benda yang mereka gunakan). Collaboration
§ Siswa dan kelompoknya mempresentasikan hasil diskusi
mereka di depan kelas dengan percaya diri.
(kegiatan
ini akan dinilai oleh teman sekelas)
§ Guru mengarahkan siswa untuk membandingkan cara-cara
hidup yang dilakukan masyarakat saat ini dibandingkan dengan cara hidup
masyarakat di masa lalu dengan melakukan wawancara. Guru berdiskusi dengan
siswa manfaat melakukan wawancara, cara melakukan wawancara yang baik, dan cara
mencari informasi dari narasumber yang berusia jauh lebih tua dari mereka. Critical Thinking and Problem
Solving
§ Siswa bersama dengan kelompoknya merumuskan pertanyaan
yang akan ditanyakan kepada nara sumber.
§ Siswa-siswa mewawancarai salah satu nara sumber yang
sudah ditetapkan.
§ Siswa mencatat hasil wawancara dalam bentuk tabel,
kemudian membandingkan hasilnya dengan kegiatan yang sama yang dilakukan siswa.
§ Siswa membuat kesimpulan singkat tentang hasil
wawancara dan perbandingannya dengan apa yang dilakukan siswa.
§ Guru memfasilitasi diskusi untuk refleksi (memastikan
siswa memahami konsep yang diajarkan) dan menjembatani ke kegiatan berikutnya.
(kegiatan ini akan dinilai dengan rubrik hasil wawancara) Collaboration
§ Guru mendorong siswa untuk membaca teks fiksi secara
mandiri dan menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan setelah kegiatan membaca
tersebut.
§ Siswa dapat menceritakan bagian yang paling disukai
dari cerita tersebut kepada teman sebangkunya secara bergantian sebelum mereka
menjawab pertanyaan.
§ Siswa menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan
tokoh.
§ Setelah membaca bacaan: “Si Hitam”, siswa
membandingkan tokoh utama dan tokoh tambahan berdasarkan bacaan dengan
menggunakan diagram yang tersedia.
§ Siswa juga membuat ringkasan tertulis tentang cerita
“Si Hitam”.
(kegiatan
ini akan dinilai dengan rubrik membuat ringkasan)
§ Kegiatan antara: Guru memberikan penguatan dan saran
terhadap kegiatan sebelumnya berdasarkan pengamatan Guru selama kegiatan
berlangsung. Integritas
§ Guru meminta siswa menyimak percakapan antara Siti dan
Lani sebagai pengantar ke kegiatan selanjutnya.
§ Siswa membaca teks tentang makna persatuan dan
kesatuan bangsa.
§ Siswa diperbolehkan menggunakan cara mereka untuk
memahami isi bacaan (misalnya dengan menggaris bawahi kata-kata penting,
membuat peta pikiran, meringkas dengan menggunakan kata dan kalimat). Critical Thinking and Problem
Solving
§ Dengan menggunakan peta pikiran di papan tulis, dengan
membantu siswa memaknai kata-kata kunci dari bacaan. Kegiatan ini dimaksudkan
untuk membuka diskusi dan mendorong keterlibatan siswa untuk melakukan curah
gagasan terhadap isi bacaan tersebut.
§ Setelah diskusi dirasa cukup, siswa secara mandiri
dapat menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan bacaan: Collaboration
1. Apa makna semboyan Bhinneka Tunggal Ika? (nilai 2)
Bhinneka Tunggal Ika memiliki makna meskipun berbeda-beda tetapi pada
hakikatnya bangsa Indonesia adalah satu kesatuan utuh yang tidak dapat
dipisahkan
2. Bagaimana peran semboyan Bhinneka Tunggal Ika dalam
upaya meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa? (nilai 2) Bhinneka Tunggal
Ika menjadi semboyan atau moto bangsa Indonesia dan menjadi bagian dari lambang
Negara Indonesia. Hal ini dimaksudkan agar bangsa Indonesia yang sangat beragam
ini terus mengingat pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa sebagai bangsa
yang utuh dan berdaulat. Creativity
and Innovation
3. Mengapa persatuan dan kesatuan bangsa dianggap penting
bahkan oleh nenek moyang kita? (nilai 2) Sejak dahulu, bangsa Indonesia yang
tinggal dalam daerah kepulauan memiliki keragaman dalam budaya, agama, suku
bangsa, bahasa, dan adat istiadat.
4. Mengapa semboyan Bhinneka Tunggal Ika masih sesuai
dengan masyarakat modern saat ini meskipun pemikiran tersebut telah dituliskan
sejak zaman Kerajaan Majapahit? (nilai 2)
5. Semboyan Bhinneka Tunggal Ika masih tetap sesuai
dengan zaman modern saat ini karena bangsa Indonesia masih terdiri dari beragam
suku dan tersebar di pelosok nusantara. Integritas
§ Guru meminta beberapa siswa untuk membacakan ringkasan
cerita: “Si Hitam” di depan kelas.
§ Guru memberikan pernyataan bahwa dalam cerita “Si
Hitam”, siswa dapat menemukan semangat persatuan dan kesatuan.
§ Guru membagi siswa ke dalam kelompok yang terdiri dari
3 orang. Gotong Royong
§ Siswa menggambarkan situasi ketika persatuan dan
kesatuan terjadi dan memberikan sedikit keterangan di dalamnya.
§ Kemudian, siswa menggambarkan peristiwa yang terjadi
di sekolah yang menggambarkan persatuan dan kesatuan. Critical Thinking and Problem
Solving
Ø Kedua gambar tersebut disandingkan dan dipresentasikan
di depan kelas (kegiatan ini akan dinilai dengan rubrik presentasi)
Kegiatan Bersama Orang Tua
Ø Pemahaman mengenai materi yang dipelajari kembali oleh
siswa di rumah bersama orang tua guru memantau pembelajaran melalui blog dicari guru,com
Kegiatan Penutup
Ø Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
Ø Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
Ø Menyanyikan salah satu lagu daerah nasionalisme
Ø Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui
Kepala SDN 098168 BAH LIAS
SARINUN PURBA, S.PdI
NIP.19640714 198604 2 001
|
BAH LIAS,
20
Guru Kelas
RUSLI, S.Pd
NIP. 19800525 201406 1 005
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan
: SD NEGERI 098168 BAH LIAS
Kelas /
Semester : VI (Enam) / 2
Tema 9 : Menjelajahi Angkasa Luar
Sub Tema 1 : Keteraturan Yang Menakjubkan
Pembelajaran : 4
TUJUAN
PEMBELAJARAN
- Dengan
membuat peta pikiran dari bacaan tentang dampak social modernisasi, siswa
dapat menjelaskan perubahan sosial yang terjadi sebagai akibat dari
modernisasi dengan benar.
- Dengan
membuat kliping dampak sosial modernisasi, siswa dapat menyajikan hasil
analisisnya terhadap dampak yang terjadi dari modernisasi
- Dengan
membaca cerita fiksi, siswa dapat menjelaskan watak tokoh dalam bentuk
lisan, tulisan dan visual dengan tepat.
- Melalui
diskusi tentang makna persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari,
siswa dapat menjelaskan makna dan pentingnya persatuan dan kesatuan dalam
kehidupan berbangsa dan bernegara dengan benar.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Ø Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan
kabar dan kehadiran siswa
Ø Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang
siswa. (religius).
Ø Menyanyikan lagu nasional Guru memberikan penguatan
semangat Nasionalisme.
Ø Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara
selama 15-20 menit (literasi)
Kegiatan Inti
Ø Guru menjelaskan sekitar materi yang akan dijelaskan
Ø Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok
Ø Siswa mengamati media pembelajaran tentang materi yang
diajarkan
Ø Guru mengajak siswa berdiskusi berkaitan tentang materi
yang diajarkan
Ø Siswa berdiskusi dengan sesama anggota kelompoknya dengan bimbingan guru
Ø Masing masing kelompok mempresentasikan hasil kelompoknya
di depan kelas
Ø Guru memberi penguatan tentang jawaban siswa perwakilan
kelompok
Ø Bersama guru siswa memajang hasil pekerjaan siswa di
papan pajangan
Kegiatan Bersama Orang Tua
Ø Pemahaman mengenai materi yang dipelajari kembali oleh siswa
di rumah bersama orang tua guru memantau pembelajaran melalui blog dicari guru,com
Kegiatan Penutup
Ø Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
Ø Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
Ø Menyanyikan salah satu lagu daerah nasionalisme
Ø Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui
Kepala SDN 098168 BAH LIAS
SARINUN PURBA, S.PdI
NIP.19640714 198604 2 001
|
BAH LIAS,
20
Guru Kelas
RUSLI, S.Pd
NIP. 19800525 201406 1 005
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan
Pendidikan : SD NEGERI 098168 BAH LIAS
Kelas /
Semester : VI (Enam) / 2
Tema 9 : Menjelajahi Angkasa Luar
Sub Tema 1 : Keteraturan Yang Menakjubkan
Pembelajaran : 5
TUJUAN
PEMBELAJARAN
- Setelah
mengamati terbit dan tenggelamnya matahari, siswa berdiskusi tentang
keteraturan alam dengan penuh rasa ingin tahu.
- Dengan
membaca bacaan siswa dapat mengurutkan planet berdasarkan kategori yang
berbeda-beda dengan teliti.
- Dengan
menggunakan berbagai sumber bacaan, siswa dapat menjelaskan persamaan dan
perbedaan antara planet dalam dan planet luar dengan saksama.
- Setelah
membaca teks fiksi, siswa dapat menjelaskan watak tokoh utama dan tokoh
tambahan serta jalan ceritanya dengan saksama.
- Dengan
memahami watak tokoh utama dari bacaan, siswa dapat mengembangkannya ke
dalam sebuah paragraf secara kreatif.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Ø Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan
kabar dan kehadiran siswa
Ø Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang
siswa. (religius).
Ø Menyanyikan lagu nasional Guru memberikan penguatan
semangat Nasionalisme.
Ø Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara
selama 15-20 menit (literasi)
Kegiatan Inti
Ø Guru menjelaskan sekitar materi yang akan dijelaskan
Ø Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok
Ø Siswa mengamati media pembelajaran tentang materi yang
diajarkan
Ø Guru mengajak siswa berdiskusi berkaitan tentang materi
yang diajarkan
Ø Siswa berdiskusi dengan sesama anggota kelompoknya dengan bimbingan guru
Ø Masing masing kelompok mempresentasikan hasil kelompoknya
di depan kelas
Ø Guru memberi penguatan tentang jawaban siswa perwakilan
kelompok
Ø Bersama guru siswa memajang hasil pekerjaan siswa di
papan pajangan
Kegiatan Bersama Orang Tua
Ø Pemahaman mengenai materi yang dipelajari kembali oleh
siswa di rumah bersama orang tua guru memantau pembelajaran melalui blog dicari guru,com
Kegiatan Penutup
Ø Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
Ø Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
Ø Menyanyikan salah satu lagu daerah nasionalisme
Ø Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui
Kepala SDN 098168 BAH LIAS
SARINUN PURBA, S.PdI
NIP.19640714 198604 2 001
|
BAH LIAS,
20
Guru Kelas
RUSLI, S.Pd
NIP. 19800525 201406 1 005
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan
Pendidikan : SD NEGERI 098168 BAH LIAS
Kelas /
Semester : VI (Enam) / 2
Tema 9 : Menjelajahi Angkasa Luar
Sub Tema 1 : Keteraturan Yang Menakjubkan
Pembelajaran : 6
TUJUAN PEMBELAJARAN
- Dengan
berdiskusi tentang keteraturan dalam masyarakat siswa dapat memahami
perwujudan persatuan dan kesatuan dengan saksama.
- Melalui
bacaan, siswa dapat menjelaskan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa
dengan penuh kreativitas.
- Melalui
cerita fiksi, siswa dapat menjelaskan watak tokoh dalam cerita, meringkas
dan mengembangkan cerita dengan penuh kreativitas.
- Melalui bermain alat musik
sederhana, siswa dapat memahami akor dan interval dalam sebuah lagu dengan
tepat.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Ø Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan
kabar dan kehadiran siswa
Ø Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang
siswa. (religius).
Ø Menyanyikan lagu nasional Guru memberikan penguatan
semangat Nasionalisme.
Ø Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara
selama 15-20 menit (literasi)
Kegiatan Inti
Ø Guru menjelaskan sekitar materi yang akan dijelaskan
Ø Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok
Ø Siswa mengamati media pembelajaran tentang materi yang
diajarkan
Ø Guru mengajak siswa berdiskusi berkaitan tentang materi
yang diajarkan
Ø Siswa berdiskusi dengan sesama anggota kelompoknya dengan bimbingan guru
Ø Masing masing kelompok mempresentasikan hasil kelompoknya
di depan kelas
Ø Guru memberi penguatan tentang jawaban siswa perwakilan
kelompok
Ø Bersama guru siswa memajang hasil pekerjaan siswa di
papan pajangan
Kegiatan Bersama Orang Tua
Ø Pemahaman mengenai materi yang dipelajari kembali oleh
siswa di rumah bersama orang tua guru memantau pembelajaran melalui blog dicari guru,com
Kegiatan Penutup
Ø Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
Ø Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
Ø Menyanyikan salah satu lagu daerah nasionalisme
Ø Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui
Kepala SDN 098168 BAH LIAS
SARINUN PURBA, S.PdI
NIP.19640714 198604 2 001
|
BAH LIAS,
20
Guru Kelas
RUSLI, S.Pd
NIP. 19800525 201406 1 005
|
Diamond-Stain Spades with Diamonds and Spades - Titsanium Art
BalasHapusDiamond-Stain Spades how strong is titanium with Diamonds and Spades. Play this card titanium hoop earrings game for 2020 ford ecosport titanium free or practice for ecm titanium real suppliers of metal money in our online store for free.