Jumat, 24 April 2020

Pentingnya Peningkatan Kompetensi Guru

Kompetensi adalah kumpulan pengetahuan, perilaku, dan keterampilan yang harus dimiliki guru untuk mencapai tujuan pembelajaran dan pendidikan. Ada empat kompetensi yang wajib dimilki oleh seorang guru yaitu, kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi professional. Cara meningkatkan keempat kompetensi yang wajib dimilki guru tersebut dapat dilakukan dengan cara pelatihan, penelitian tindakan kelas dan memanfaatkan sumber belajar yang ada.


Menejemen sekolah memfasilitai para guru dengan sebuah program pelatihan singkat tentang bagaimana melakukan penelitian tindakan kelas dan menggunakan sarana dan prasarana (termasuk perlengkapan mengajar) secara efektif dan efisien. 
Dengan demikian, guru dapat memanfaatkan sarana dan prasarana serta perlengkapan yang tersedia disekolah dengan sebaik-baiknya. 
Mari kita saksikan tayangan video berikut ini !


Guru yang kompeten akan melahirkan murid-murid yang rajin belajar karena mereka mencintai proses pembelajaran dan memahami arti penting belajar bagi masa depan. Seorang peserta didik yang sudah mencintai proses pembelajaran dan memahami arti penting belajar bagi masa depannya pasti peserta didik itu akan rajin belajar. Timbal balik jika seorang peserta didik rajin belajar dan menyadari pentingnya proses pembelajaran pasti peserta didik tersebut akan lebih mudah menguasai materi pembelajaran, dengan menguasai materi pembelajaran pasti peserta didik mampu meningkatkan hasil belajarnya atau meningkatkan nilai pelajarannya. 

0 komentar:

Posting Komentar